Sunday, December 25, 2016

Tips Data - Rumus Sum yang dinamis

Assalamualaikum.

Pernah mengalami laporan yang kita buat, setelah di edit / ditambah data baru, angka nya tidak terupdate karena kita lupa mengupdate rumus Sum / Penjumlahan nya seperti pada contoh Gbr 1 dan Gbr 2 dibawah ? 

Gbr 1 - Rumus Sum menjumlahkan isi Range B2:B5

Gbr 2 - Data ditambahkan, rumus Sum tidak berubah



















Ternyata masalah seperti ini bisa di "akali" dengan menggunakan Named Range / Range yang diberi nama. Kalau rumus nya pada contoh Gbr 1 diatas adalah =Sum(B2:B5), maka yang perlu di "akali" hanyalah bagian B5 nya saja.

Pertama, buka Name Manager (shortcut : Ctrl + F3). Berikan nama pada kotak Name:. Dan pada kotak Refers to klik dan pilih cell paling ujung pada kolom B yang akan dijumlahkan, dalam contoh Gbr 3 dibawah merujuk pada Cell B6. 

Gbr 3 - Name Manager

Jangan lupa hilangkan tanda $. Karena yang kita butuhkan adalah rumus yang dinamis bukan statis. Kalau sudah, klik OK. Selanjutnya rumus Sum diganti dari =Sum(B2:B5) ke =Sum(B2:Nama Range nya) seperti pada contoh Gbr 4 dibawah.

Dan Insya Allah sekarang rumus kita menjadi rumus Sum yang dinamis :). Berapapun data yang ditambahkan kita tidak perlu khawatir angka nya tidak berubah.

Semoga bermanfaat.
Wassalam.

Gbr 4 - Rumus dinamis dengan mengganti sesuai Named Range



No comments:

Post a Comment