Wednesday, September 21, 2016

Dasar Macro - 2 cara mudah memilih dan aktifkan range

Bismillah..

Saat bekerja dengan sebuah tabel / database / kumpulan record dengan VBA ada 2 cara untuk memilih dan mengaktifkan range tabel kita. Cara pertama dengan menggunakan property CurrentRegion, dan cara kedua adalah dengan cara memberi nama tabel kita tersebut (named range - lihat contoh animasi dibawah untuk cara memberikan nama sebuah Range).



Untuk lebih memudahkan pemahaman bahasan ini, silahkan download file nya disini.

Terlihat pada contoh animasi diatas dan dalam file contoh, tabel / database ada mulai dari Range E6 sampai R45.

Cara 1 - CurrentRegion

Property CurrentRegion adalah bagian dari Obyek Range. Property CurrentRegion adalah apabila sebuah / sekumpulan Range dikelilingi oleh kombinasi baris dan kolom yang kosong.

Dalam file contoh dan animasi diatas, terlihat bahwa diluar range tabel database kita (E6 sampai dengan R45) semua nya dikelilingi baris dan kolom kosong. Dengan satu baris Macro saja, kita sudah bisa memilih / mengaktifkan database kita.

Cara 2 - Memilih Range yang diberi nama

Cara ini sama mudahnya dengan cara pertama. Perbedaan nya adalah database kita harus diberi nama sebelumnya. Dalam file contoh, Range E6 sampai dengan R45 diberi nama "Data".

Skrip nya pun hanya perlu satu baris saja. Dengan mudah tabel kita sudah dapat diaktifkan.

Pertanyaan berikutnya mungkin bagaimana kalau jumlah data nya bersifat dinamis / bertambah terus ?.. jawaban nya adalah dengan memformat database tersebut menjadi sebuah tabel :). Silahkan cek postingan sebelumnya.

Akhir kata, silahkan pilih cara yang paling mudah. Atau mungkin ada cara lain ? silahkan berikan komentar anda :).

No comments:

Post a Comment