Saturday, March 10, 2018

Import di Excel dengan bantuan ADO, VBA dan SQL (Bag. 3 -Early Binding)


Masih dengan Database Access yang sama, bahasan kali ini akan membahas contoh aplikasi untuk import dan Eksport data dari Access ke Excel dan Eksport dari Excel ke Access dengan bantuan VBA dan ADO dengan metode Early Binding. Silahkan download file contohnya Early Binding disini.

Pembahasan sebelumnya ada disini dan disini.

Setelah download file contoh, buka file Mahasiswa_EB.xlsm, dan buka VBE nya (Alt + F11). Klik dua kali pada Module1 untuk melihat isi dari Prosedur ImportTableEB. Seperti yang sudah dijelaskan pada bahasan sebelumnya, untuk menggunakan metode Early Binding maka sebelumnya kita harus menambahkan ADO Library nya melalui menu Tools – Refference dan pilih Microsoft ActiveX Data Object Library dengan versi paling tinggi.

menambahkan Library ADO

Sekarang coba perhatikan perbanding skrip prosedur Import dengan cara Early Binding dan Late Binding. Sebelah kiri adalah skrip metode Early Binding dan sebelah kanan adalah skrip Late Binding. Pada prinsip nya ada 4 perbedaan (walaupun pada kenyataan nya ada 10 poin yang tertulis) :

perbandingan skrip


1.       Pada saat deklarasi variabel conn untuk koneksi (Nomer 1)
2.       Pada saat deklarasi variabel rs untuk recordset (Nomer 2)
3.       Pada saat definsi variabel conn sebagai New ADODB.Connection (Nomer 3)

4.       Dan pada saat definsi variabel rs sebagai New ADODB.Recordset (Nomer 4)

Selebih nya mungkin ada pada nomer 7,8 dan 9 sebagai rangkaian looping untuk menuliskan nama Field-field (Kolom) nya. Yah mungkin perintah SQL nya pada nomer 5 dan 6 sebagai cara untuk menghapus data yang sudah ada sebelumnya juga beda ya ? tapi untuk perintah SQL, selama masih menggunakan SELECT, bebas-bebas aja tinggal diganti sesuai keperluan. Begitu juga cara menghapus data sebelumnya (Nomer 6).Pada kesempatan mendatang saya akan coba berbagi mengenai berbagai macam perintah SQL yang dapat digabungkan dengan perintah SELECT.

Perbedaan yang sama juga akan kita temukan pada skrip untuk meng eksport dari Excel ke dalam tabel Access yang akan kita bahas diwaktu mendatang. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, metode Early Binding ini adalah metode yang direkomendasikan dibanding metode Late Binding. Dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment